Rabu, 04 Juli 2012

MENULISKAN POKOK-POKOK ISI BERITA SECARA RUNTUT


Pokok-pokok isi berita merupakan bagian utama suatu berita. Karena merupakan bagian utama dari suatu berita, maka bagian-bagian berita yang hanya berisi penjelasan atau contoh-contoh tidak termasuk pokok-pokok isi  berita. Dengan demikian, maka pokok-pokok isi berita tentu saja lebih pendek dari isi berita asalnya dan cukup dirumuskan hanya dalam satu atau beberapa kalimat. Sebagai contoh, perhatikan kutipan berita berikut ini!
Penumpang Batavia Air Panik
Pontianak, B. Post. Penumpang pesawat Batavia Air dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak, Senin (19/7) panik ketika mengetahui pesawat harus kembali (return to base) ke Bandara Soekarno-Hatta setelah menempuh perjalanan 30 menit menuju Bandara Supadio, Pontianak.
“Begitu ada informasi dari kru pesawat yang menyampaikan ada kerusakan mesin pada pesawat, dan para penumpang diminta tenang, saya dan keluarga menjadi panik,” kata seorang penumpang pesawat, Muhammad Fauzi.
Dia mengaku seluruh badannya gemetar begitu mengetahui pesawat mengalami kerusakan. Apalagi kru pesawat memutuskan pesawat harus kembali ke Bandara Soekarno-Hatta.
“Saya sempat berpikiran apakah ajal saya dan keluarga sampai di sini,” kata Fauzi yang juga anggota DPRD Kota Pontianak.
Menurut dia, pada saat kru pesawat memutuskan kembali ke Bandara Soekarno-Hatta, kondisi terbang pesawat tampak tidak normal karena ada gangguan kerusakan mesin tersebut.
“Syukur sewaktu pendaratan mulus sehingga saya dan keluarga selamat sampai di Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya.
Kepala perwakilan PT Metro Batavia Air Kalimantan Barat, Yunan Ismal membenarkan kalau pesawat Batavia Air dengan nomor penerbangan Y6-203 mengalami kerusakan mesin sehingga diputuskan kembali ke bandara asal pada pukul 10.00 WIB.
“Saya tidak mengetahui secara pasti mesin bagian mana yang mengalami kerusakan itu,” katanya.
Sumber: Banjarmasin Post, 20 Juli 2010

Dari berita di atas dapat diperoleh pokok-pokok isi berita yang dirumuskan dalam tiga buah kalimat sebagai tersebut.
1. Pesawat Batavia Air dengan nomor penerbangan Y6-203 dengan rute Jakarta-Pontianak mengalami kerusakan mesin.
2. Akibat kerusakan mesin tersebut, pesawat yang telah menempuh perjalanan selama 30 menit itu, harus kembali (return to base) ke Bandara Soekarno-Hatta.
3. Setelah mengetahui adanya kerusakan mesin, para penumpang pesawat menjadi panik.
Selain dalam tiga kalimat pendek di atas, pokok-pokok isi berita di atas dapat pula dirumuskan dalam satu kalimat berikut:
Pesawat Batavia Air dengan rute Jakarta-Pontianak mengalami kerusakan mesin sehingga menimbulkan kepanikan para penumpang.”
Dari contoh di atas, tampak kalau pokok-pokok isi berita di atas hanya berisi bagian utama dari berita. Isi berita tentang siapa yang menjadi narasumber, apa jabatannya, apa ucapannya, pukul berapa kerusakannya, apa isi pengumuman kru pesawat, dan sebagainya bukan bagian utama berita sehingga tidak perlu dimasukkan dalam pokok-pokok isi berita.
Dari contoh di atas juga tampak kalau pokok-pokok isi berita di atas telah disusun secara runtut. Kata runtut berasal dari bahasa Jawa yang disinonimkan dengan kata selaras atau  bersesuaian.
Seperti contoh di atas, pokok-pokok isi berita yang disusun secara runtut dilakukan dengan hanya mengambil bagian-bagian isi berita yang utama saja, sedang bagian-bagian yang tidak termasuk bagian utama seperti bagian penjelasan, contoh, keterangan, ilustrasi dibuang. Selain itu, untuk menyusun pokok-pokok isi berita secara runtut, kita dapat memindahkan kata-kata atau kumpulan kata yang semula di belakang dipindahkan ke depan, demikian pula sebaliknya.

Latihan 2
Simak kembali rekaman berita dengan judul “Badai Conson Terjang Asia” dari program Liputan 6 Siang SCTV yang akan diperdengarkan guru Anda. Selanjutnya tuliskan pokok-pokok isi berita tersebut dalam beberapa kalimat pendek dan selanjutnya dalam satu kalimat seperti contoh yang diberikan di atas.

SUMBER
Pelajaran Bahasa Indonesia 1a
Penulis : Drs. H. M. Yusransyah, M. Pd.
Penerbit: Grafika Wangi Kalimantan

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Ads 468x60px

 
Copyright © . Pendidikan Bahasa dan Sastra - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger